Minggu, 13 Desember 2009

Utang baik dan Utang Buruk



Sering kali kita takut berutang di Bank. Ternyata Bank adalah teman yang baik dalam urusan modal untuk bisnis kita. Bank sangat membutuhkan orang-orang yang ingin kredit dari mereka. Karena prinsip kerja bank adalah Bank menghimpun dana dana masyarakat dan menyalurkan kepada orang yang mengajukan kredit. Bank akan memperoleh keuntungan dari perputaran tersebut.Banyak orang yang habis-habisan karena utang dari Bank dan banyak pula yang sukses dari utang bank, karena utang ada dua yakni utang baik dan utang buruk.



Utang yang Baik
Utang baik adalah Utang yang dapat memberikan kita keuntungan, keuntungan disini adalah keuntungan dimana kita bisa mencicil utang bank tersebut dengan tepat waktu dan keuntungan dari bisnis yang kita bangun dengan modal dari Pinjaman dari Bank. Saya ingin membahas masalah keuntungan dari bisnis yang kita bangun dari modal bank, saat ini menurut saya cuman ada dua bisnis yang sangat menguntungkan di tengah ketidak pastian ekonomi global, yakni properti dan emas. Properti atau rumah merupakan bisnis yang santai dan menguntungkan tidak seperti saham. Kenaikan harga rumah bisa kita tentukan dan di schedule ditangan kita tidak seperti saham. Dengan Properti yang kita beli dengan pinjaman dari Bank bisa kita jadikan kost-kostan atau rumah kontrak dan hasilnya bisa kita gunakan sebagai cicilan bank. Harga properti tidak pernah turun akan terus naik. Jadi pendapatan ada, properti juga ada. Kalau tidak mampu bayar cicilan rumah khan bisa di schedule ulang pinjamannya setidaknya dapat kenaikan taksiran rumah harga yang baru. Misalnya harga awal taksiran bank tahun ini Rp. 300 Juta tahun kedua kita butuh dana, kemudian di taksir ulang ternyata harganya Rp. 350 jt. khan dapat kelebihan 50 Jt, setidaknya uang itu kita bagi untuk disimpan sbagai cicilan rumah, renovasi ataukah membeli yang baru lagi.


Emas, barang ini sangatlah saya sukai, awalnya saya tidak akrab dengan emas sekarang emas sangat saya sukai. Saya ingat pertama kali saya beli cincin 5 tahun yang lalu masih 215.000 pergram, saat ini harganya 370.000 loncatan yang cukup tinggi yakni Rp. 155.000 ini kalau perhiasan, tapi kalau emas batangan atau logam mulia loncatannya lebih lagi. Makanya saya terus berkebun emas. Bayangkan kalau kita ajukan kredit kemudian di jadikan modal awal berkebun emas saya yakin utang bank bisa lunas kita pun dapat logam mulia yang bisa kita rasakan selamanya.

Utang yang buruk


Nach, ini yang membuat orang sebagian takut berutang. Utang buruk adalah Utang yang digunakan bukan membeli barang yang menghasilkan uang misalnya Home Theater, TV Plasma, Handycame, Handphone ukuran batu bata. Begitu kita kesulitan untuk cicilan Bank barang tadi kita jual akan turun harganya. Pernah satu kali saya kesulitan keuangan saya ingin menjual HP Nokia 3210 saya membeli HP itu seharga 1.3 juta, 2 tahun yang lalu, saya baru ke counter hp ternyata taksiran hanya Rp. 300 rb. Seandainya uang 1,3 juta itu saya belikan emas batangan/logam mulia kira-kira udah berapa yach?

Sekarang dimana anda? Masih takut berutang dengan Bank?  dimana anda sekarang? mau utang baik ato buruk. Semoga bisa membantu anda .

Related Post | Artikel Terkait



Get this widget [ Here ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Bisnis Terbaru

Daftar Isi

Buku Tamu


ShoutMix chat widget
 

Blog Archive

Statistik Blog Saya

Free Automatic Backlink

Tukaran Link

The button image will displayed on your site like this


Kolom blog tutorial