Sabtu, 21 November 2009

Hati-hati Plastik hitam pada Idul Qurban


Menghadapi Idul Qurban tahun 1430 Hijriah, Fakultas Hewan Institut Pertanian Bogor memberikan warning agar kiranya Daging hewan kurban selanjutnya akan dibagikan kepada fakir miskin. tidak menggunakan tas kresek /kantong plastic berwarna hitam dan menganjurkan penggunakan tas plastic bening. Hal ini untuk menghindari terkontaminasinya daging qurban oleh zat-zat kimia yang terkandung dalam tas kresek hitam.

Baru-baru ini BPOM mengeluarkan Peringatan Publik (Public Warning) Nomor: KH.00.02.1.55.2890, tepatnya pada tanggal 14 Juli 2009 tentang Penggunaan Plastik Kresek, PVC, dan Styrofoam untuk pembungkus makanan.

Peringatan tentang penggunaan plastik kresek mengandung hal-hal berikut :

Pertama,
kantong plastik kresek berwarna terutama hitam kebanyakan merupakan produk daur ulang yang sering digunakan untuk mewadahi makanan.

Kedua,
dalam proses daur ulang tersebut riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui, apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan atau manusia, limbah logam berat dan lain-lain. Dalam proses tersebut juga ditambahkan berbagai bahan kimia yang menambah dampak bahayanya bagi kesehatan.

Related Post | Artikel Terkait



Get this widget [ Here ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Bisnis Terbaru

Daftar Isi

Buku Tamu


ShoutMix chat widget
 

Blog Archive

Statistik Blog Saya

Free Automatic Backlink

Tukaran Link

The button image will displayed on your site like this


Kolom blog tutorial